Tips berpakaian saat interview yang membuat HRD terkesan

Interview bukan sekadar datang, lalu menjawab beberapa pertanyaan pewawancara. Pasalnya, pada saat itu penampilanmu juga menjadi salah satu nilai tambah. Jadi pastikan kamu memahami tips berpakaian saat interview dengan baik dan benar. Ada dua tipe berpakaian saat interview, yaitu formal dan kasual.

Hal ini tentu disesuaikan dengan tipe perusahaan tempat menjalani interview. Misalnya, apakah perusahaan tergolong korporat yang kaku, atau perusahaan startup yang santai. Meski begitu, kunci dari keduanya adalah berpakaian dengan rapih, tidak kusam, atau bahkan asal-asalan.

Sekalipun perusahaan tersebut adalah perusahaan startup yang santai, pastikan kamu memberikan kesan yang baik dengan memilih tipe pakaian seperti smart casual atau semi formal. Semakin lengkap, berikut ini adalah beberapa tips berpakaian saat interview yang perlu kamu ketahui.

1. Hindari celana berbahan denim

tips berpakaian saat interview EKRUT

Celana berbahan denim atau yang dikenal dengan jeans memang nyaman dikenakan dan modis di segala suasana, kecuali interview.

Untuk wawancara formal, jangan pernah datang dengan mengenakan celana seperti ini. Meski Kamu bekerja di industri kreatif atau media, pastikan kamu memberikan tampilan yang terbaik.

Bagi pria, pilihlah celana bahan yang tidak mudah kusut. Bagi wanita, pilihlah rok yang menutupi lutut dengan warna tidak mencolok. Hindari memberi kesan yang kurang baik kepada pewawancara, dari cara kamu berpakaian.

2. Kenakan kemeja

tips berpakaian saat interview EKRUT

Kemeja merupakan pakaian formal yang bisa dipakai saat interview. Pilihan kemeja ada beragam. Kamu bisa memilih kemeja berbahan katun, sifon, atau bahkan sutra.

Bukalah kancing atas kemeja kamu. Ini memberi kesan sederhana, tetapi tetap formal. Hindari memakai kemeja yang terlalu ketat, dan terkesan seksi. Kemeja yang dikenakan haruslah membuat kamu nyaman.

3. Pakai kardigan atau jas

tips berpakaian saat interview EKRUT

Kedua item fashion ini mampu menjadi atribut pelengkap yang pas untuk menghadiri interview.

Ketika kamu mengenakannya, pasti kesan profesional akan semakin terlihat. Hindari motif atau warna jas dan kardigan yang terlalu menonjol. Warna gelap adalah pilihan yang aman.

4. Perhatikan motif pakaian

tips berpakaian saat interview EKRUT

Hindari motif pakaian yang terlalu berkesan meriah. Motif-motif pakaian seperti bunga, binatang, dan abstrak bisa mendistraksi pewawancara. Jadi, pilihlah motif pakaian yang lebih sederhana, seperti motif garis atau bahkan tidak bermotif sama sekali.

5. Perhatikan warna pakaian

tips berpakaian saat interview EKRUT

Tahukah kamu, bahwa ternyata ada beberapa warna yang sebaiknya kamu gunakan saat wawancara. Karena ada yang namanya psikologi warna. Berikut ini adalah beberapa warna dan kesan tidak langsung yang diberikan.

  • Biru: Memberikan kesan percaya diri, kejujuran, kesetiaan, stabil, dan kredibilitas.
  • Hitam: Merepresentasikan kekuatan dan kepemimpinan.
  • Abu-abu: Memberikan kesan profesionalisme, kurang mengintimidasi daripada hitam.
  • Cokelat: Memberikan kesan percaya diri, dapat diandalkan, dan fleksibel.

Leave a comment