Tips and Trik Merawat Sepatu di Musim Hujan

Cara merawat sepatu saat musim hujan patut diperhatikan. Musim hujan membuat risiko sepatu basah makin besar dan jika tak dirawat dengan baik akan menimbulkan bau tak sedap atau apak.

Jika itu terjadi, sepatumu akan menjadi sarang bakteri dan cepat rusak. Kamu bisa membawa sepatumu ke tempat pencucian sepatu. Namun, itu akan menguras kantong karena biayanya tidak murah.

Jika kamu memiliki pemasukan yang terbatas, cara merawat sepatu bisa saat musim hujan bisa dipraktikkan di rumah. Selain lebih murah, kamu pun akan lebih paham dan peduli dengan sepatu yang dipakai.

Agar sepatu yang kamu punya tetap awet walau digunakan di saat curah hujan yang tinggi, berikut ini terdapat tips cara merawat sepatu saat musim hujan. 

1. Langsung Cuci Sepatu Jika Basah

Pertama adalah segera mencuci sepatu jika sudah terlanjur basah akibat hujan. Kamu bisa memulainya dengan mencuci bagian dalam sepatu dengan cara melepaskan sol yang ada di dalamnya jika memang bisa dilepas. 

Tapi jika sol menempel pada bagian sepatu, kamu bisa langsung mencucinya hingga bersih lalu keringkan sepatu dengan cara didiamkan atau diangin-anginkan di depan kipas angin. 

2. Bersihkan Noda Sepatu yang Mengering

Setelah kamu mencuci bagian dalam sepatu, cucilah bagian luar sepatu jika sudah setengah kering. Agar noda dan kotoran yang menempel bisa lebih mudah hilang, gunakanlah sikat dengan bulu halus atau sikat gigi agar kotoran lebih mudah terangkat dan sepatu tidak cepat rusak.

3. Bungkus Sepatu dengan Tisu atau Koran

Jika semua bagian sepatu telah dicuci bersih, selanjutnya adalah bungkuslah sepatu menggunakan tisu atau koran bekas. Tisu atau koran yang digunakan untuk membungkus sepatu akan memudahkan untuk menyerap sisa air yang masih tersisa. Jadi proses pengeringan akan lebih cepat.

4. Hindari Menjemur Sepatu di Bawah Sinar Matahari Langsung

Walau menjemur sepatu di bawah terik matahari membuat sepatu lebih cepat kering, hal itu justru membuat serat sepatu mengkerut. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari akan membuat sepatu menjadi bau.

5. Jangan Lupa Bersihkan Tali Sepatu

Jangan lupakan kalau tali sepatumu juga harus selalu dibersihkan ya. Karena jika tali tidak dibersihkan akan membuat sepatu menjadi kotor kembali dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Serta tali sepatu yang kotor pastinya akan membuat tampilan sepatu menjadi tidak menarik.