Mitos atau Fakta: Kaos Berwarna Hitam Menyerap Panas ?

Sebagian besar masyarakat pasti pernah dengar tentang pakaian yang berwarna gelap khususnya hitam dapat membuat tubuh terasa lebih panas ketika beraktifitas diluar ruangan. Tahukah kamu mengapa hal ini bisa terjadi?
Ternyata bukan panaslah yang berperan dalam hal ini, melainkan cahaya. Warna yang terlihat pada suatu objek berkaitan dengan panjang gelombang cahaya yang terpantul dari objek tersebut. Pantulan itu bergantung pada sifat atom dan molekuler objek, struktur permukaan serta sudut di mana cahaya menerpanya dan di mana seseorang mengamatinya.
Benda berwarna hitam, seperti baju, terlihat hitam karena menyerap semua panjang gelombang dalam cahaya putih dan tidak memantulkannya. Saat baju menyerap semua cahaya Matahari energi yang terbawa oleh cahaya itu akan hilang ke dalam baju dan tidak pernah terlihat lagi.
Sebagai gantinya, cahaya yang terserap akan berubah menjadi bentuk energi lain, biasanya panas, dan kemudian dipancarkan oleh baju tersebut. Semakin gelap objeknya, semakin baik pula memancarkan panas, karena warna gelap merupakan penyerap cahaya yang baik.

Rekomendasi Bahan Kaos Hitam yang Cocok untuk Aktivitas Outdoor

Polyester Activedry

Kain polyester activedry merupakan kain yang terbuat dari serat polyester. Kain polyester activedry mampu menyerap keringat dengan baik dan cepat kering ketika berkeringat. Kain ini indentik digunakan sebagai bahan utama kaos olahraga. 

Cotton Bamboo

Kain ini memiliki karakteristik tidak mudah kusut dan cenderung jatuh karena halus dan lembut. Kain Catton Bamboo mempunyai kandungan anti-bakteri, anti bau, dan anti jamur sehingga coock digunakan beraktivitas diluar maupun didalam ruangan. 

Cotton Combed

Kaos yang terbuat dari kain Cotton Combed mampu menyerap keringat dengan baik. Kain Cotton Combed mempunyai karakteristik teksturnya yang halus dan lembut, serta sejuk untuk dipakai beraktivitas sehari-hari.

Cotton Modal

Kain ini memiliki karakteristik permukaan kain yang cenderung berkilau. Kain catton modal merupakan salah satu kain yang ramah lingkungan karena dapat diperbaharui. Kain cotton modal mampu menyerap keringkat dengan baik dan memberi kesejukan bagi pemakainya.