Macam - Macam Rok dan Contohnya ˚ ༘♡ ⋆。˚ ❀

Penting buat cewek! Ternyata jenis-jenis rok itu banyak lho, cari tahu yuk di ulasan berikut ini.

Cewek mana sih yang nggak punya rok? Pastinya setiap cewek didunia ini memiliki fashion item yang disebut rok di dalam lemari pakaiannya. Rok sendiri dalam bahasa Inggris disebut dengan “Skirt”, merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Rok ini umumnya dikenakan mulai dari pinggang melewati panggul sampai batas bawah tertentu sesuai dengan keinginan.

1. Straight Skirt

Straight atau lurus merupakan bentuk dasar rok yang mempunyai jahitan samping lurus dari pinggang sampai ke bawah. Biasanya memiliki ukuran yang panjang hingga ke betis atau lebih.

 

2. Flared Skirt

Bentuk dasar rok yang kedua adalah mengembang atau flared. Flared skirt ini mirip dengan A-line skirts, hanya saja rok ini melebar pada bagian bawahnya. Ukuran panjangnya sebatas betis, lutut, atau di atas lutut. Flared skirt adalah tipe rok semi-dressy, dressy, atau formal tergantung pada bahan yang digunakan.

 

3. Pagged Skirt

Bentuk dasar yang ketiga adalah bentuk rok yang menyempit ke bawah atau pegged.  Rok ini di bagian pinggangnya terdapat lipatan kedalam, sehingga dibagian panggul nampak lebih besar, dan semakin kebawah bentuknya semakin menyempit.  Karena itulah biasanya beberapa orang kesulitan berjalan saat memakainya. Dapat digunakan baik formal maupun untuk pesta.

 

4. Circular Skirt

Bentuk dasar yang terakhir adalah lingkaran. Rok ini bentuknya sangat lebar bahkan lebih lebar dengan model flared skirt. Ramping pada pinggang dan sangat penuh pada kelimnya. Rok model ini bila di kembangkan dapat membentuk setengah lingkaran hingga lingkaran penuh. Biasanya dibuat dengan ukuran selutut atau bahkan sepanjang kaki.

 

5. Mini Skirt

ada rok mini alias mini skirt yang pastinya kalian semua sudah memilikinya. Sesuai namanya, rok mini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut. Mungkin ada beberapa yang belum bisa membedakan rok mini dan micro. Untuk rok mini ini ukurannya masih jauh lebih besar dibandingkan dengan rok micro dimana panjangnya 5 sampai dengan 10 cm di atas lutut.

 

6. Micro Skirt

Jenis rok yang memiliki ukuran super pendek disebut dengan micro skirt. Saking pendeknya, rok ini hanya mampu menutupi sampai pangkal paha saja. Untuk menggunakannya, kamu harus memadukannya dengan legging yang match.

 

7. Knee Length Skirt

Knee Length Skirt merupakan sebutan untuk rok yang ukurannya sampai ke ke lutut. Rok ini menjadi favorit banyak cewek karena masih dalam batas wajar dan tidak terlalu seksi. Jenis rok ini cocok digunakan dalam berbagai kesempatan baik formal maupun casual. Selain itu, jenis rok ini juga sangat mudah dipadukan dengan berbagai jenis atasan.

 

8. Midi Skirt

Rok midi merupakan model rok wanita yang memiliki panjang sampai pertengahan betis atau berada diantara lutut dan pergelangan kaki. Jenis rok ini juga sangat mudah dipadukan dengan fashion item lainnya sehingga menjadi favorit banyak wanita.

 

9. Maxi Skirt

Lebih panjang dari midi skirt, ada yang namanya maxi skirt. Maxi skirt alias rok maxi ini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai mata kaki. Rok ini mampu membuat pemakainya terlihat anggun dan feminim.

 

10. Floor Length Skirt

Sesuai namanya, floor length skirt merupakan jenis rok yang panjangnya sampai menyentuh lantai. Karena modelnya yang cukup panjang, rok ini biasanya digunakan sebagai outfit ke pesta karena mampu membuat pemakainya terlihat anggun dan glamor.