˗ˏˋ ♡ ˎˊ˗ Outfit Saat Pertama kali Interview Kerja! ˗ˏˋ ♡ ˎˊ˗

Ketika kamu akan wawancara kerja ( Interview ) tentunya kamu ingin tampil pantas karena pakaian untuk wawancara sangat penting agar pihak perusahaan mengetahui keseriusan dan profesionalitas kamu. Penampilan dapat memberikan kesan pertama yang baik pada HRD dan pihak manajemen yang akan me rekrut kamu. 

 

Namun, kamu bingung harus menggunakan pakaian seperti apa? Tenang berikut tips yang cocok untuk kamu yang akan melakukan wawancara kerja! 

 

1. Pakaian Formal Putih

Survei yang di lakukan oleh CareerBuilder terhadap para manajernya personalia dan tenaga sumber daya manusia menemukan bukti bahwa warna pakaian bisa memberikan kesan tertentu di mata pewawancaranya. 23% pewawancara merekomendasikan warna biru yang menunjukan bahwa kandidat tersebut bisa bekerja dengan tim. 

Sementara 15% merekomendasikan Hitam karena warna tersebut mengesankan potensi kepemimpinan. Putih merupakan cerminan dari pribadi yang terorganisir.

 

2. Hindarilah Celana Jeans

Meskipun kamu melamar kerja di industri kreatif, sebaiknya hindari memakai pakaian yang terkesan santai saat wawancara kerja. Rok atau celana bahan tetap menjadi pilihan yang paling tepat. 

Selain itu, pastikan juga bahan pakaian yang kamu kenakan tidak mudah kusut agar tidak memberikan kesan lusuh atau kurang baik di mata pewawancara. Usahakan tiba di lokasi wawancara lebih awal sehingga kamu masih punya waktu untuk memeriksa penampilan kamu di toilet.

 

3. Jas

Kardigan dan jas juga bisa melengkapi pakaian untuk interview kamu. Untuk memberikan kesan profesional, gunakanlah kardigan atau jas dengan warna netral atau gelap, semisal hitam, putih, biru tua, atau abu abu. 

 

4. Sepatu

Sepatu merupakan bagian dari berbusana yang sangat penting untuk interview pekerjaan. Pakailah sepatu yang menutup seluruh bagian kaki.

 

Hindarilah menggunkan sepatu yang biasa kamu guanakan untuk berjalan-jalan atau olahraga, semisal sepatu crocs, sepatu sandal, atau sepatu futsal. Untuk perempuan, gunakanlah sepatu pantofel khusus wanita atau high heels untuk memberikan kesan formal dan profesional.