˗ˏˋ ♡ ˎˊ˗ Cara Merawat Jeans Agar Tetap Berkilau ˗ˏˋ ♡ ˎˊ˗

Jeans menjadi salah satu celana basic bagi anak muda untuk melengkapi fashion mereka saat ini. Tidak hanya anak muda, tetapi hampir semua orang memiliki celana jeans ini. Pakaian jeans yang berbahan denim ini tidak hanya berupa celana, tetapi juga kemeja, jaket, rok, dll. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat jeans agar tetap berkilau.

Mencuci pakaian berbahan jeans tidak bisa sembarangan. Karena ada berbagai jenis pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah rusak, melar atau luntur.

 

Berikut 12 Cara rawat jeans yang tepat :

 

1. Baca Label Perawatan Kain

Pertama, Anda perlu mengecek label pakaian tentang cara merawat jeans Anda. Pastikan untuk memeriksa label perawatan garmen sebelum mencuci. Kemudian usahakan untuk mencuci jeans secara terpisah dari pakaian lainnya.

2. Jangan sering di cuci

Seorang juru bicara produsen jeans ternama Levi’s mengungkapkan bahwa jeans tidak perlu sering-sering dicuci. Disarankan untuk mencucinya hanya sebulan sekali agar tetap terlihat bagus. Padahal, jeans awalnya diciptakan untuk para pekerja dan penambang di Amerika.

Bahan jeans sengaja didesain agar tidak mudah rusak. Menurut Levi’s, jeans tampil lebih baik jika jarang dicuci. Meskipun disarankan agar Anda jarang mencucinya, bukan berarti Anda bisa meninggalkan makanan di jeans Anda begitu saja. Bagian yang terkena noda makanan tetap perlu dicuci.

3. Gunakan Air Dingin

Hindari penggunaan air panas saat mencuci denim. Air dingin adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan kotoran dari denim.

Cuci jeans bagian dalam ke luar atau bagian dalam ke luar. Untuk jeans yang baru pertama kali dicuci, tambahkan 2 sendok makan garam untuk mengikat warna jeans agar tidak mudah luntur pada pencucian berikutnya.

4. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Jika terlalu sering dicuci di mesin cuci, jeans akan cepat pudar dan melar. Jadi untuk mencuci jeans dengan benar, kamu hanya perlu menggunakan detergen bebas pemutih, lalu cuci dan keringkan.

5. Mencuci Tangan

Melanjutkan poin sebelumnya, sebaiknya hindari mencuci denim di mesin cuci. Mencuci jeans dengan tangan dapat menjaga kualitas dan warna serat denim. Cara mudah mencuci tangan.

Gunakan air dingin yang dicampur dengan setengah sendok teh detergen. Kemudian rendam jeans atau pakaian bagian dalam ke luar dalam air deterjen. Kemudian biarkan selama satu jam sebelum mencucinya dengan air dingin. Kemudian tinggal dijemur hingga kering.

6 Gunakan Sabun Lembut

Warna jeans bisa aus dan pudar jika dicuci dengan sabun yang keras. Pertahankan warna jeans Anda dengan mencucinya menggunakan detergen yang tepat. Jangan menggunakan detergen terlalu banyak dan pilihlah formula yang ringan. Mungkin Anda bisa menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi dan anak-anak

7. Balikkan Diri Anda

Jenis perawatan jeans selanjutnya masih berkaitan dengan cara pencuciannya. Jeans biasanya harus dicuci setelah 10 kali pemakaian. Sebelum Anda memasukkannya ke dalam mesin cuci, balikkan bagian dalamnya agar jeans tidak terlalu banyak bocor dan memudar.

8. Hindari Penggunaan Kuas


Saat mencuci jeans, jangan terlalu sering menggunakan sikat. Ini hanya akan merusak dan meregangkan jeans. Cuci saja sudah cukup, namun jika ada noda membandel, Anda bisa menyikat noda dengan lembut hingga noda hilang.

9. Jauhi Warna Putih


Pemutih tidak hanya menodai denim, tetapi juga merusak kain dan seratnya. Oleh karena itu, jangan gunakan pemutih untuk menghilangkan noda. Gosok area yang bernoda dengan lembut menggunakan sabun, lalu cuci seperti biasa.

Meskipun denim berwarna putih, hindari mencucinya dengan pemutih. Jika tidak, warna putih denim akan berubah menjadi kuning. Gak seru lagi nontonnya.

10. Hindari Berjemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari 


Dengan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, jeans hanya akan memudar dan teksturnya menjadi kasar. Cukup gantung jeans di teras atau balkon rumah Anda dan jangan lupa dibolak-balik. Ini mencegah kerusakan eksternal.

11. Hindari Menyetrika Jeans Terlalu Sering

Anda harus tahu bahwa Anda sebenarnya tidak perlu menyetrika jeans sesering itu kecuali jika terlihat sangat kusut. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan jeans cepat pudar.

Jika tetap ingin melakukannya karena kusut, cara merawat jeans selanjutnya adalah dengan menyetrika bagian dalam dan luarnya.

Mulailah menyetrika saku terlebih dahulu, lalu pinggang, lalu kaki. Tekan setiap bagian selama beberapa detik, lalu gosok dengan lembut hingga halus dan bersih. Sehingga warna jeans tidak luntur dan kain tidak menjadi kasar.

12. Usahakan Untuk Menggantungnya Selama Penyimpanan

Hindari melipat jeans Anda selama penyimpanan. Karena bahan denim jeans ini sangat tebal sehingga cepat basah jika disimpan dalam keadaan terlipat.

Selain itu, menyimpan jeans yang dilipat tidak hanya dapat mengubah bentuk aslinya, tetapi juga menimbulkan garis putih yang tidak diinginkan pada jeans. Cara terbaik untuk menyimpan jeans setelah mencuci atau memakainya adalah dengan menggantungnya.

Gunakan hanger untuk menjaga bentuk asli jeans dan menghindari kerut. Setelah dicuci dan disetrika, simpan jeans di gantungan khusus.

 

 

Terima kasih sudah mampir di Blog Hamlin^^
Jangan Lupa Follow Instagram Hamlin @Hamlin.id dan pantau terus Official Website Hamlin.
See you di blog Selanjutnyaa...