Tips Merawat rambut agar cepat panjang dan kuat

Menumbuhkan rambut membutuhkan lebih banyak kesabaran daripada memotong rambut. Padahal, Anda ingin rambut Anda tumbuh panjang dalam waktu sesingkat mungkin.

Penelitian dari American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa rambut tumbuh rata-rata 1/2 inci per bulan, atau sekitar 6 inci per tahun.

Namun, setiap orang mengalami pertumbuhan rambut yang berbeda tergantung pada usia, jenis rambut, dan kesehatannya.

Namun ada beberapa cara agar rambut cepat panjang yang bisa Anda tiru, salah satunya adalah mencuci rambut dengan benar.

Cara mudah memanjangkan rambut

 

1. Penggunaan Minyak Rambut

Menggunakan minyak rambut adalah cara untuk menumbuhkan rambut kamu dengan cepat. Minyak rambut memberikan nutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak Kelapa (Virgin Coconut Oil) atau Castor Oil bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin segera memiliki rambut panjang.

Menggunakan minyak rambut sangat sederhana, kamu bisa menuangkan minyak dan mengoleskannya pada kulit kepala. Kemudian pijat dengan lembut dan biarkan selama satu jam atau semalaman, lalu cuci rambut seperti biasa.

2. Kurangi Catokan

Menata atau menambahkan sentuhan berbeda pada rambut memang menyenangkan dan membuat tampilan semakin menarik. Salah satunya adalah flat iron yang membuat rambut terlihat lebih lurus atau keriting.

Setrika menghasilkan panas dan merusak rambut. Oleh karena itu hindari perangkat pemanas dan istirahatlah darinya untuk pertumbuhan rambut yang cepat.

3. Cuci rambut kamu dengan benar

Untuk membutuhkan rambut panjang dengan cepat, kamu perlu lebih memperhatikan akar rambut. Akar rambut membutuhkan banyak nutrisi.

Pilihan sampo dan kebiasaan keramas memengaruhi pertumbuhan rambut. Pemilihan sampo harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis rambut kamu.

Sampo yang baik mengandung bahan alami antibakteri. Berkat kandungan tersebut, kulit kepala tetap bersih dan terlindungi dari bakteri.

Saat kamu mencuci rambut, pastikan untuk memijat kulit kepala kamu dengan lembut. Tujuannya agar nutrisi yang terkandung di dalam shampo terserap oleh akar rambut. Pastikan Anda mencuci rambut dengan air dingin atau suam-suam kuku.

Jika memungkinkan, hindari penggunaan air panas saat mencuci rambut, karena dapat mengurangi tingkat kelembapan alami rambut dan merangsang produksi sebum atau minyak berlebih di kulit kepala.

4. Hindari Bleching

Memutihkan rambut dan mengubah warna adalah eksperimen yang menyenangkan. Proses kimia pewarnaan rambut dapat merusak akar rambut dan kehilangan kekuatannya.

Jika Anda ingin memiliki rambut panjang dengan cepat, Anda harus menghindari proses kimiawi pada rambut Anda. Pertahankan keinginan Anda sampai rambut mencapai panjang yang diinginkan.

5. Hindari Conditioner

Shampo saja tidak cukup untuk mendapatkan rambut panjang dengan cepat. Anda perlu menggunakan kondisioner agar rambut Anda cepat panjang dan kuat.

Kondisioner membentuk lapisan pelindung pada rambut dan mencegah kerusakan serius akibat kotoran, debu, dan polusi.

Selain itu, kondisioner dapat menambah kelembapan pada setiap helai rambut dan menjadikan rambut panjang Anda halus dan lembut.

6. Potong ujung rambut kamu

Potong rambut atau potong rambut biasa adalah cara yang harus dilakukan bagi mereka yang menginginkan rambut panjang. Ini benar-benar mengalahkan tujuan ekstensi rambut.

Tapi memangkas ujung rambut justru membuatnya tumbuh lebih cepat. Menurut Boldsky, teknik ini menghilangkan ujung yang rusak dan bercabang.

7. Jangan membungkus rambut basah dengan handuk

Berhati-hatilah untuk tidak membungkus rambut Anda dengan handuk setelah dicuci. Cara ini adalah kesalahan terbesar karena membuat rambut lebih rapuh dan karenanya harus dihindari.

Saat basah, rambut masih lemah dan rentan. Membungkus rambut Anda dengan handuk menyebabkan ketegangan dan membuat rambut Anda lebih buruk dan lebih mudah rontok.

Jika ingin mengeringkan rambut, gunakan handuk microfiber dan peras rambut basah secara perlahan hingga kadar airnya berkurang. Biarkan rambut mengering secara alami.

Sebaiknya Anda juga tidak menyisir rambut saat masih basah atau menggunakan sisir khusus untuk rambut basah. Jika Anda menggunakan sisir biasa, rambut Anda akan lebih cepat rusak.

 

Nah, itulah cara untuk bisa menjaga rambut untuk tetap panjang dan kuat. Selamat mencoba! 

 

 

Terima kasih sudah mampir di Blog Hamlin^^
Jangan Lupa Follow Instagram Hamlin @Hamlin.id dan pantau terus Official Website Hamlin.
See you di blog Selanjutnyaa...