Ini 10 Tips Agar Makeupmu Anti Luntur!

Makeup merupakan hal yang wajib dilakukan para wanita ketika akan menjalankan aktivitas keluar rumah terutama pada saat kerja.

Dengan makeup, wanita bisa menjadi lebih percaya diri dan merasa lebih cantik. Oleh karena itu, makeup anti luntur dan tahan lama pun perlu diketahui para kaum hawa.

Makeup tahan lama yang tidak mudah luntur dengan aktivitas sehari-hari adalah dambaan wanita. Di tengah kesibukan, makeup membutuhkan perawatan khusus untuk memastikannya tetap terjaga hingga Anda pulang ke rumah.

Jika riasan Anda mudah terkelupas, selalu merupakan ide bagus untuk memperbaikinya. Belum lagi di musim hujan kamu membutuhkan perlengkapan khusus agar riasanmu tahan lebih lama meski di bawah hujan.

Selain karena makanan dan minuman akibat hujan, make up terkadang luntur. Sehingga tidak jarang para wanita rajin mengecek kondisi make up mereka.

Setelah makan, periksa lipstik dan bedak. Apakah masih bagus digunakan? Cuaca panas, langsung masuk ke T-zone. Apakah bedak dan alas bedak luntur? Ribet juga kan kalau pakai make up yang mudah lepas dan tidak tahan lama.

Tentu saja, jika riasan Anda berantakan dan Anda perlu bertemu orang untuk bekerja, itu bisa mengacaukan suasana.

Akibatnya, hari Anda terasa sibuk dan Anda merasa mudah kesal. Jika Anda termasuk wanita yang sibuk namun ingin tetap tampil cantik saat memakai make up, Anda perlu tahu cara membuat make up Anda awet.

Bahkan jika Anda aktif berjam-jam, itu dapat menghemat waktu Anda dan tidak perlu melakukannya berkali-kali.

Berikut 10 Tips agar makeup mua tahan lama!

 

1. Persiapkan kulit wajah dengan baik

Sebagus apapun produk make up yang kamu miliki, jika kamu tidak mempersiapkan wajah dengan baik, maka make up kamu tidak akan bertahan lama. Riasan berubah dan rusak seiring waktu.

Siapkan wajah Anda dengan scrub sebelum merias wajah. Pengelupasan membantu menghilangkan minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang dapat muncul di wajah Anda saat Anda merias wajah.

Kamu juga harus melakukan eksfoliasi secara rutin 2 kali dalam seminggu agar kulit selalu mulus dan riasan lebih tahan lama.

Riasan tahan lama juga bisa tercipta jika Anda mengaplikasikan toner terlebih dahulu sebelum riasan. Setelah mencuci dan mengeksfoliasi wajah, Anda bisa mengoleskan toner ke wajah agar wajah lebih bersih dan cerah.

Selanjutnya, aplikasikan pelembap pada wajah. Perawatan wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit memastikan kulit segar sepanjang hari. Gunakan pelembap bebas minyak agar cepat meresap ke dalam kulit.

2. Oleskan primer pada wajah dan primer khusus pada kulit di sekitar mata

Primer dapat mendukung riasan sepanjang hari. Bukan hanya makeup stick, tapi primer juga bisa menghaluskan permukaan kulit.

Penggunaan primer harus disesuaikan dengan jenis kulit kita, sehingga dapat menutup pori-pori dan menutupi garis dengan baik.

Gunakan alas bedak berbahan dasar air yang tidak mengandung minyak (water-based foundation – oil-free) agar riasan tidak mudah luntur di tengah kesibukan. Kemudian penting juga untuk menggunakan primer di area mata agar riasan lebih tahan lama.

Menggunakan primer pada kulit di sekitar mata menciptakan permukaan untuk kulit kelopak mata, memungkinkan perona mata dan liner terlihat lebih banyak dan bertahan lebih lama.

3. Gunakan alas bedak yang tahan minyak

Produk berbahan dasar minyak dapat membuat perubahan riasan wajah menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, gunakan alas bedak bebas minyak agar riasan Anda lebih tahan lama karena tidak akan luntur saat hujan.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir. Menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan alas bedak akan mencegah riasan pecah-pecah. Ingatlah untuk memilih alas bedak yang tahan lama.

4. Jangan mengaplikasikan bedak saat menyeka wajah

Anda dapat mencegah alas bedak Anda luntur dengan mengoleskan bedak yang sesuai dengan warna alas bedak Anda. Anda bisa sedikit membersihkan wajah dengan bedak menggunakan kuas.

Teknik mencolok ini digunakan untuk memperbaiki fondasi. Teknik ini lebih baik agar riasan bertahan lebih lama daripada menyeka bedak dengan bedak.

5. Basahi kuas eyeshadow dengan primer

Agar kulit di sekitar mata lebih tahan lama, coba taburkan primer pada kuas eyeshadow yang Anda gunakan. Teknik ini membuat eyeshadow lebih terlihat dan bercahaya alami.

6. Gunakan maskara dan eyeliner tahan air

Pilih maskara dan eyeliner tahan air untuk menjaga riasan Anda tetap di tempat saat hujan. Maskara dan eyeliner yang tidak waterproof cenderung akan luntur saat terkena air sehingga riasan Anda terlihat berantakan.
Maskara dan eyeliner tahan air dapat bertahan sepanjang hari.

 

7. Campurkan perona pipi dengan lipstik matte cair untuk menciptakan perona pipi

Media campuran ini dibuat oleh penata rias Everygirl Elaine Barnett. Teknik ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan perona pipi yang bertahan sepanjang hari.

Cukup campurkan sedikit lipstik matte cair dan primer dengan perbandingan 1:1 untuk menciptakan warna yang sempurna.

Jika Anda ingin perona pipi Anda menonjol dan bertahan lebih lama, Anda perlu menambahkan lipstik dan alas bedak.

 

8. Gunakan bedak tabur transparan

Setelah mengaplikasikan semua produk makeup, coba aplikasikan bedak tabur transparan ke wajah Anda. Menggunakan bedak tabur dapat membuat kulit kusam dan menyerap minyak berlebih di wajah sehingga riasan lebih tahan lama.

 

9. Oleskan produk riasan tipis

Jika ingin riasan tahan lama, jangan mengaplikasikannya terlalu tebal. Aplikasikan produk hanya pada lapisan tipis agar riasan tidak pecah.

Aplikasi riasan ringan dapat menciptakan lapisan kulit yang halus dan bebas tekstur. Ini membuat riasan terlihat lebih natural.

 

10. Gunakan setting spray sebagai sentuhan akhir 

Menggunakan setting spray adalah hal yang paling penting jika ingin riasan Anda bertahan lebih lama. Sentuhan akhir ini tidak hanya membuat riasan Anda bertahan lebih lama, tetapi juga membuat riasan Anda terlihat alami dan segar.

Gunakan setting spray tergantung riasan yang Anda inginkan. Saat ini ada berbagai fixing spray seperti B. Formulas, pelembab bahkan pencerah yang memberikan efek ringan pada riasan.

 

 

Terima kasih sudah mampir di Blog Hamlin^^
Jangan Lupa Follow Instagram Hamlin @Hamlin.id dan pantau terus Official Website Hamlin.
See you di blog Selanjutnyaa...